Wednesday, June 3, 2020

Pengantaran ODP periksa kesehatan ke RS Unair Surabaya. Bentuk advokasi sosial Relawan Covid19 Kecamatan Jambangan. (Ist)
Jambangan Hijau - beberapa jam yang lalu, diumumkan secara luas kepada publik bahwa kota Surabaya di Jawa Timur sudah mulai masuk Zona Hitam. Apa maknanya? Kami sendiri kurang jelas. Namun secara faktual data itu menunjukkan jumlah warga kota Surabaya yang terpapar COVID-19 termasuk yang OTG/ODP/PDP, sudah jauh melesat meninggalkan kota/kabupaten lain di negara kita. Sejak rilis awal oleh pihak berwenang tentang pasien pertama yang terpapar Covid-19 (16/4) terbit.  Dijelaskan bahwa pasien perdana ini berasal dari kawasan Surabaya Utara. Dalam waktu yang tak terlalu lama, tiba-tiba jumlah pasien positif sudah menembus angka 244 jiwa.

Surabaya adalah salah satu jantung-nya NKRI. Meski selalu dinomorduakan setelah Jakarta. Namun dengan luas daerah mencapai 326,81 km2 serta lebih dari 4 juta jiwa populasi. Kota buaya memliki kondisi pemukiman yang sangat padat. Ini menjadi salah satu pemicu maraknya sebaran covid-19 di kota yang pada 31 Mei 2020 kemarin, genap berusia 727 tahun. Data yang kami sadur dari Kementerian Kesehatan RI (Senin, 2/6/2020) pasien positif di Surabaya mencapai 2748, PDP 3083 & ODP 3771. Karena Jumlah warga terapapar sdh melebihi angka 1025 jiwa, maka kategori Surabaya yang awalnya RedZone berubah menjadi BlackZone.

Diantara carut-marutnya kondisi warga akibat pandemic covid-19 di Surabaya. Gerakan gotong-royong dan solidaritas anak turun Sawunggaling ini, masih terjaga dengan baik. Dari jumlah 154 kelurahan dan 31 kecamatan di Ibukota Propinsi Jawa Timur, dengan potensi jumlah relawan sosial yang tersedia. Langkah pemkot Surabaya yang dipimpin langsung Tri Risma Harini, tidak akan melaju sendirian. Ada banyak dukungan relawan yang terlibat untuk bersama-sama melakukan perlawanan terhadap invasi virus corona. Hal ini menjadi kekuatan serta potensi lokal yang tak terbantahkan & luarbiasa.

Ada pengurus LPMK ‘Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan’, dimana di banyak kelurahan (di Surabaya bukan Desa namun Kelurahan) para Ketua-nya juga otomatis menjadi Kasatgas mendampingi Lurah dan aparatnya. Dijajaran bawah Satgas Covid-19 Kelurahan, dilibatkan pula Tim Penggerak PKK, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Karang Taruna, Ketua RT (Rukun Tetangga), RW (Rukun Warga), Dasa Wisma (pengurus satuan rumah tangga dibawah RT, biasa menjadi kumpulan per-20 rumah). Mereka bersatu padu menjadi garda depan gerakan lawan covid-19 di Zona Hitam Surabaya.

Diantara banyaknya relawan yang melakukan tugasnya di lapangan, menjadi kepanjangan tangan Pemerintah Kota Surabaya. Ada satu kelompok selain yang kami sebutkan diatas. Dimana gerakanya dilakukan dengan diam-diam namun berfungsi tak kalah strategis dibandingkan aksi satgas yang sudah ada.  Komunitas ini bernama Kelompok Informasi Masyarakat. Saat Pembatasan Sosial Berskala Besar dijalankan di wilayah Surabaya. Anggota masyarakat yang sempat terkenal dengan istilah Bonek (bondho nekat, modal tekat/bahasa Jawa-nya), lebih banyak mengakses informasi lewat media sosial/media massa.

Dari berbagai info yang beredar di Instagram, Twitter, Facebook, Blog/Website, Youtube tidak semua beritanya terpercaya. Tidak sedikit berita yang beredar, berisi potongan-potongan dari berbagai kejadian di masa lampau yang dibuat pemilik konten untuk propaganda dan kampanye. Kalau kontennya bagus dan benar tidak masalah. Celakanya lebih banyak konten menyesatkan, berisi kebohongan maupun berita yang kurang lengkap sehingga menimbulkan kebingungan publik. Misal ada berita COVID-19 bukan penyakit mematikan, jadi kita abaikan saja. Atau ada info bawang saja cukup jadi obat mujarab Covid-19.

Fungsi pegiat KIM kota Surabaya meminimalisir berita hoaks dan kampanye digital tidak bertanggungjawab. Fungsinya vital dalam rangka memutuskan rantai konten-konten negatif yang menimbulkan kekacauan di masyarakat. Contohnya kisah korban ‘bullying’ hanya karena didakwa ODP/PDP/pasien positif , dengan stigma negatif tiba-tiba kehidupan sehari-harinya berubah drastis. Yang tadinya suasana tinggalnya nyaman dengan tepo seliro (tenggang rasa). Lalu tercipta  rasa saling curiga antar warga. Penyebabnya adalah isu menyesatkan & info hoaks. Parahnya efek berita bohong, juga berimbas pada perekenomian warga khususnya para pedagang.

Komunikasi intens dari 154 Pengurus KIM kelurahan, 31 Forum KIM kecamatan dan Forum KIM kota Surabaya sudah lama tercipta. Melalui jaringan komunikasi via WAG KIM, media sosial KIM, pertemuan tatap muka dengan standar protokol medis kepada warga secara luas. Dikuatkan dengan penggunaan radio komunitas antar warga, sangat membantu advokasi sosial, komunikasi efektif, info kesehatan dan perekonomian tingkat dasar (akar rumput). Dari banyaknya aktivitas KIM di zona hitam. Kami mengambil contoh aktivitas akar rumput di Kecamatan sisi selatan kota Surabaya,  yang bernama Jambangan.

Jauh sebelum dibentuk Seribu Kampung Tangguh hasil inisiasi pihak Pemerintah Propinsi dan Jajaran TNI – Polri, (16/5)  atau yang terbaru Kampung Wani Covid-19 (Produk Pemkot Surabaya per-akhir Mei’20). Pasca ditemukan fakta bahwa salah satu warga kelurahan Kebonsari meninggal dunia karena Covid-19 (7/4). Mendorong tiga elemen di wilayah kecamatan Jambangan membentuk Satgas kecamatan. 

Rapat Pembentukan Relawan Covid19 kecamatan Jambangan (16/4/20) (Ist)
Yang tergabung didalamnya adalah Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat, Forum Kelompok Informasi Masyarakat dan Mitra Jambangan Communication. Dua organisasi di awal adalah binaan Pemerintah kota Surabaya dengan SK Camat, nama terakhir adalah NGO.


Inovasi alat semprot disenfektan karya Karang Taruna Bung Tomo Karah - Surabaya. (C.Nun)













Ada beberapa diferensiasi yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 kecamatan Jambangan : 
1. Menginisiasi dilakukannya penyemprotan desinfektan pada tempat publik, hasil swadaya masyarakat. Termasuk balai RT/RW, gardu jaga, taman dan pasar.  Inovasi alat semprot unik massal kami lampirkan berupa foto dokumentasi, yang merupakan hasil inovasi Karang Taruna Karah “Bung Tomo”.

2. Pengantaran ODP/PDP ke RSUD rujukan dengan kendaraan operasional kecamatan. Apabila ambulan puskesmas sedang sibuk dan terpakai.

3. Membantu pengadaan permakanan warga yang di karantina oleh pemerintah (baik dengan dana APBD kota/14 hari, maupun dana swadaya).

4. Menjadi narahubung warga terdampak untuk mengakses Command Center Kota Surabaya (112), yang tidak mudah diakses sembarang nomor. Beberapa keluhan sebelumnya adalah meninggalnya warga "penumpang" (tinggal dikawasan kecamatan Jambangan namun bukan ber-KTP non-Surabaya). Kondisi ini jarang ter-intervensi Pemerintah kota Surabaya.

5. Disamping membantu pengawasan dan penyaluran dana Bantuan Sosial dari Kementerian Sosial RI/Pemerintah Propinsi Jawa Timur maupun dana APBD kota Surabaya. Kami juga mencari donasi dari pihak ketiga, sehingga warga yang belum terkover bantuan sama sekali. Tetap bisa menerima bantuan sosial. 

6. Menciptakan platform pemenuhan kebutuhan sehari-hari warga Surabaya (perluasan juga pada warga Kebupaten Gresik dan Sidoarjo) yang melakukan PSBB (dengan fasilitan belanja online). Dengan platform digital bernama DOLEN SURABAYA. Melalui website www.dolen.co.id

7. Tujuan akhir aktivitas Satgas Covid-19 kecamatan adalah membantu kinerja Pemerintah Kota Surabaya beserta jajarannya dalam melawan sebaran Covid-19, agar dapat meminimalisir jumlah warga terdampak.

8. Dengan kebijakan Pemkot Surabaya memperbanyak jumlah warga yang di tes SWAP/Rapid. Terlaporkan lebih dari 21.203 jiwa (25/5) sudah melakukan tes cepat Covid-19. Ini mewakili 5% total jumlah penghuni kota Pahlawan. Makin banyak warga Surabaya yang terdeteksi dengan mudah serta lebih cepat (catatan kami pada hari ini, 3/6/2020 sudah lebih dari 22K yang telah melakukan tes). 

Dengan kebijakan  terbaru Pemkot Surabaya, data-data warga terkait pandemic Covid-19 tadi, segera terpublikasi sampai ke level RW di 154 kelurahan dalam wilayah kota Surabaya. Sehingga aksi meminimalisir sebaran covid-19 menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat Surabaya.

9. Output langsungnya jumlah warga terdampak di Surabaya, yang terpublikasi luas, jauh melebihi wilayah manapun di Indonesia. Konsekuensi lain dari kebijakan ini adalah terjadinya pemerataan sebaran warga kota yang sudah melakukan pemeriksaan Covid-19. 

Diluar penjelasan kami diatas, komitmen membantu pemerintah tetap menjadi niatan awal kami. Dan bentuk koreksi dari kami merupakan bukti sayang kami kepada negeri ini. Dengan tujuan akhir untuk pembangunan masyarakat Surabaya khususnya dan Indonesia pada umumnya. Yang akan menjadi lebih baik lagi. Aamiin

#dari Surabaya untuk Indonesia, dengan cinta.

(Boni Surabaya)




3 comments:

  1. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua yang sebenarnya, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog dan situs web ini adalah pencuri (PENCURI), saya telah menjadi korban dari cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk bercerita tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang karena mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu Anda PERUSAHAAN PINJAMAN yang benar dan satu-satunya yang ALLAH kirimkan untuk mengubah hidup saya, mereka SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang cukup besar, untuk memahkotainya semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lain yang Anda lihat di sini secara online yang akan mengambil uang Anda tanpa mencairkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammer, bagaimana bisa perusahaan perseorangan memberikan pinjaman ?, itu pertanyaan pertamamu orang-orangku.

    Sesama orang-orang Asia, saya mohon untuk mendengarkan saya karena saya bersumpah kepada Anda dalam nama Allah, bahwa saya mengatakan semua yang sebenarnya, PINJAMAN HIBAH SEMUA GLOBAL, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman Anda setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman sesuai kebutuhan.

    Mengapa Anda tidak berada di antara kabar baik ini dengan segera menghubungi mereka jika Anda SANGAT TERTARIK untuk meninggalkan perjuangan finansial Anda dan untuk meningkatkan taraf hidup Anda, berikut adalah EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di EMAIL saya fradesyriritia12@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi cerita kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semuanya, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL karena telah memberikan saya kegembiraan baru ini.

    Nama Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Whatsapp Perusahaan: +1 (304) 997-4034 Email Saya: fradesyriritia12@gmail.com

    ReplyDelete
  2. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI HALAMAN INI
    INI CERITAKU

    Saya MURNI SANTI, Seorang wanita, ibu, saudara perempuan dan teman dari (Bekasi), Indonesia, saya adalah REAL ESTATE MANAGER dan saya telah mengalami banyak tekanan keuangan akhir-akhir ini, tidak ada yang mau meminjam kami uang untuk menyelesaikan proyek komersial kami yang telah dibangun beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa perusahaan peminjaman palsu yang mengklaim sejumlah besar uang dari saya tanpa kami tidak menerima pinjaman.

    Saya frustrasi, suami saya mencoba yang terbaik dan membantu, saya akan bunuh diri karena rasa sakit itu, itu terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan semua harapan, sampai saya diperkenalkan dengan SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL sebuah perusahaan pinjaman yang disponsori oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dan memang menghubungi perusahaan, petugas bagian pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir perusahaan akan meminjamkan uang kepada saya, bahkan ketika jumlah yang saya butuhkan sangat besar, dan semua yang bisa saya berikan kepada mereka persyaratan yang merupakan beberapa informasi pribadi, yang saya lakukan.

    Saya menjalani semua proses, mereka berjanji untuk meminjamkan uang yang saya minta setelah mengonfirmasi bahwa saya memenuhi syarat untuk pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang sangat mengejutkan saya adalah pinjaman masuk ke akun saya dan saya mengkonfirmasinya .. Perusahaan kembali secara finansial dan keluarga saya baik-baik saja, ini membuat hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan kepada SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI KU
    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Perusahaan
    Whatsapp: +1(301)971-4445
    Nama Saya: MURNI SANTI
    Email Saya: murnisanti55@gmail.com

    ReplyDelete