Tuesday, January 21, 2020

Belajar Jurnalistik ke Husni Habib di kelas AKS (18/1/20). 
Jambangan Hijau - Surabaya, Apakah sama KIM dengan Wartawan Bodrex!? "Ya jelas bedalah!" batin saya. Secara, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) meskipun masuk kategori citizen journalizm (CJ), namun sangat berbeda kalau dibandingkan dengan wartawan bodrex. Lho? Sebentar-sebentar ini mau mbahas apa sih? Barusan di awal artikel,  kok "hawa-hawanya" sudah mau ngajak berantem!? Apalagi menggunakan judul versus lagi! Mirip pertandingan gulat bebas atau tinju. Kesukaan saya dulu sih, tapi sekarang sudah ngga lagi. Hehehe.....

Ceritanya berawal saat Yanuar Yudha admin FB "Kabar Surabaya" berbagi undangan even di WAG KIM kota Surabaya. Tiba-tiba hati ini terusik untuk mengikutinya. Saya merasa sudah lama tidak "belajar". Nah bisa jadi, karena undangan tadi bertema "balajar", saya jadi tertarik untuk mengikuti kelasnya. Panitianya adalah Akademi Berbagi Surabaya. Acaranya di  hotel Moscha, yang beralamat di IRBA. Maksudnya jalan Irian Barat 29-31, sisi timur Kalimas yang bersebrangan langsung dengan pasar keputran Surabaya. Temanya cukup menarik, kelas literasi : menulis konten jurnalistik. Sepertinya ini even ke 70. Karena ada #70 (baca : tagar tujuh puluh) di undangan mereka. Pematerinyapun cukup milineal, Husni Habib Jurnalis muda dari Surabaya TV. Acara sore jelang malam panjang akhir Minggu, pas banget pikirku untuk refreshing.

Materi jurnalistik yang disampaikan jurnalis muda berkacamata minus ini biasa saja, diawali dengan tiga kategori berita. Yang pertama, berita langsung (straightnews). Kemudian berita ringan (softnews).  Yang paling akhir,  berita  berkisah (features). Acara  sore itu (Sabtu, 18/1/2020), mulai menarik saat Husni membandingkan pelaku CJ dengan wartawan media. Saya jadi bersemangat!? Karena kiprah kami selaku CJ dikritisi di kesempatan ini. Saya merupakan bagian dari Surabaya Citizen Journalizm, melalui KIM.  Apa KiM itu? Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorentasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya, untuk menciptakan nilai tambah. (Permenkominfo RI no. 8/th. 2010, diperbaharui lagi pada September 2019)

Didepan 41 peserta acara, narasumber berkata memang citizen journalizm adalah bentuk jurnalistik. Namun CJ belum tentu wartawan. Sebagai wartawan, akan terikat dengan sistemnya media. Saat liputan wartawan akan ditanya dari media mana? Sementara CJ hanya mewakili pribadi. Wartawan juga terikat kode etik jurnalistik, lha CJ? Belum tentu. Meskipun CJ menulis sebuah fakta, tulisannya bisa saja menimbulkan kesimpang-siuran dan belum tentu dapat dipertanggungjawabkan. Apalagi di masa-masa mendekati Pemilu. Banyak di medsos beredar berita hoaks, mengatasnamakan kelompok-kelompok masyarakat tertentu. Wah, diskripsi ini menurut saya lebih bercerita soal buzzer, sebuah profesi yang laku banget di tahun-tahun politik macam saat ini.

Saya sempat gundah,  saat  profesi buzzer dicontohkan sebagai bagian dari praktisi Citizen Journalizm. Memang bagi saya buzzer tidak punya hati nurani. Hanya  membela yang bayar, meskipun konten yang mereka buat cenderung "busuk" dan akan terus dijejalkan ke publik. Konten yang dibuat buzzer adalah bagian dari pencitraan orang/kelompok "pemesan konten". Oleh Husni buzzer dicontohkan sebagai bagian dari Citizen Journalizm. Sebagai keluarga besar CJ "murni" yang berhati nurani, batin ini sempat tidak menerima. Fenomena buzzer ini mirip asal muasal adanya istilah wartawan bodrex, yang cara kerjanya mirip buzzer. Menulis berita hanya untuk mendapatkan amplop.  Biasa tulisan mereka digunakan untuk kepentingan pribadi beserta kelompoknya dengan tujuan negatif.

Awal 2013 belajar nge-blog bareng Anne Mahira. 
Awal saya suka menulis di blog. Saya banyak terinspirasi sosok Anne Ahira. Dengan platform Asia Brain, tulisannya banyak beredar di blog-nya dan menginspirasi masyarakat. Inspirasi kedua saya adalah dari jaringan blogger yang menulis dengan fasilitas Kompas Group. Tulisan para blogger lepas ini banyak beredar di www.kompasiana.com. Terakhir tulisan mantan owner JP (pensiunan wartawan senior ini) yang di masa tuanya menulis sebagai blogger di alamat www.disway.id. Tulisan Eyang Dahlan Iskan ini sebagai blogger, juga cukup sering menjadi rujukan.  Semoga kedepan image Citizen Journalizm di masyarakat bisa membaik. KIM bisa digunakan sebagai contoh baik pelaku CJ, sama seperti komunitas blogger kompasiana. (Cak Boni Surabaya)


8 comments:

  1. Muantaaaaaaaap Ndan....

    Nunggu tulisan selanjutnya dech....

    Agar paham lebih jueru apa netijen,jurnalis dan wartawan dan embel embel Bodrex

    👍👍👍👍👍

    ReplyDelete
  2. mantap bos... kim semakin kedepan lebih maju dan sukses.

    ReplyDelete
  3. Kenapa pake istilah Bodrex. Bodrex kan paracetamol. Ketahuan Dede Yusuf ntar di cubiiiiiitttt.

    Pasukan Bodrex......

    ReplyDelete
  4. Hai teman
    Nama saya Asep Darjat.
    Saya orang Indonesia, Dari Jakarta
    Saya sangat senang dan sangat berterima kasih kepada Ibu Deborah Avant. Saya baru saja mendapatkan pinjaman saya dan cepat, aman, dan 100% sah. Anda juga bisa mendapatkan milik Anda. Kirim email kepadanya jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun melalui
    email: avantloanson@gmail.com
    WhatsApp: +6281334785906

    ReplyDelete
  5. Halo,
    Nama saya ANITA LANSAM (lansamanita@gmail.com) dari Tambun, Indonesia Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ALLAH yang telah mengakhiri penderitaan saya melalui Avants Loans karena telah memberikan pinjaman sebesar Rp280.000.000,00. Bagi yang sedang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena banyak sekali lender palsu dimana-mana, hanya sedikit yang asli. Saya mengatakan ini karena saya scammed hampir Rp40jt. Hanya PINJAMAN AVANT yang nyata dan tepercaya karena mereka mentransfer pinjaman saya ke akun saya tanpa menghabiskan banyak waktu. Mereka yang mencari pinjaman online asli dan sah harus menghubungi AVANTS LOAN melalui
    Email: (avantloanson@gmail.com)
    Whatsapp: (+6281334785906)

    ReplyDelete
  6. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua yang sebenarnya, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog dan situs web ini adalah pencuri (PENCURI), saya telah menjadi korban dari cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk bercerita tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang karena mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu Anda PERUSAHAAN PINJAMAN yang benar dan satu-satunya yang ALLAH kirimkan untuk mengubah hidup saya, mereka SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang cukup besar, untuk memahkotainya semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lain yang Anda lihat di sini secara online yang akan mengambil uang Anda tanpa mencairkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammer, bagaimana bisa perusahaan perseorangan memberikan pinjaman ?, itu pertanyaan pertamamu orang-orangku.

    Sesama orang-orang Asia, saya mohon untuk mendengarkan saya karena saya bersumpah kepada Anda dalam nama Allah, bahwa saya mengatakan semua yang sebenarnya, PINJAMAN HIBAH SEMUA GLOBAL, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman Anda setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman sesuai kebutuhan.

    Mengapa Anda tidak berada di antara kabar baik ini dengan segera menghubungi mereka jika Anda SANGAT TERTARIK untuk meninggalkan perjuangan finansial Anda dan untuk meningkatkan taraf hidup Anda, berikut adalah EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di EMAIL saya fradesyriritia12@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi cerita kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semuanya, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL karena telah memberikan saya kegembiraan baru ini.

    Nama Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Whatsapp Perusahaan: +1 (304) 997-4034 Email Saya: fradesyriritia12@gmail.com

    ReplyDelete
  7. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI HALAMAN INI
    INI CERITAKU

    Saya MURNI SANTI, Seorang wanita, ibu, saudara perempuan dan teman dari (Bekasi), Indonesia, saya adalah REAL ESTATE MANAGER dan saya telah mengalami banyak tekanan keuangan akhir-akhir ini, tidak ada yang mau meminjam kami uang untuk menyelesaikan proyek komersial kami yang telah dibangun beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa perusahaan peminjaman palsu yang mengklaim sejumlah besar uang dari saya tanpa kami tidak menerima pinjaman.

    Saya frustrasi, suami saya mencoba yang terbaik dan membantu, saya akan bunuh diri karena rasa sakit itu, itu terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan semua harapan, sampai saya diperkenalkan dengan SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL sebuah perusahaan pinjaman yang disponsori oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dan memang menghubungi perusahaan, petugas bagian pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir perusahaan akan meminjamkan uang kepada saya, bahkan ketika jumlah yang saya butuhkan sangat besar, dan semua yang bisa saya berikan kepada mereka persyaratan yang merupakan beberapa informasi pribadi, yang saya lakukan.

    Saya menjalani semua proses, mereka berjanji untuk meminjamkan uang yang saya minta setelah mengonfirmasi bahwa saya memenuhi syarat untuk pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang sangat mengejutkan saya adalah pinjaman masuk ke akun saya dan saya mengkonfirmasinya .. Perusahaan kembali secara finansial dan keluarga saya baik-baik saja, ini membuat hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan kepada SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI KU
    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Perusahaan
    Whatsapp: +1(301)971-4445
    Nama Saya: MURNI SANTI
    Email Saya: murnisanti55@gmail.com

    ReplyDelete
  8. Beli Dokumen Asli Dan Palsu Secara Online

    Kami hanya memproduksi Paspor Terdaftar, KTP, SIM, Sertifikat IELTS, VISA, Izin Tinggal, Akta Kelahiran, Ijazah SSN, TOEFL, Cap Keluar/Masuk, dll yang berkualitas tinggi yang dapat digunakan secara legal baik secara nasional maupun internasional. Ini akan diproduksi dengan keaslian 100% seperti dokumen aslinya. Kami juga menggunakan teknologi biometrik baru untuk semua jenis dokumen kami.

    Kontak:
    ID Wickr:::::::::: Spidoplug
    Email:::::::::::::: firstclassdocuments20@gmail.com

    Layanan duplikat dokumen:
    Pembuatan duplikat dokumen berarti kami akan mengkloning dokumen asli yang ada dan mengganti informasi dengan detail yang Anda berikan agar sesuai dengan aktivitas Anda, basis data dengan mempertimbangkan usia, jenis kelamin, kebangsaan, dll. Ini akan berisi nama asli orang tua dari orang tersebut, alamat, beberapa lainnya informasi berguna yang dapat ditanyakan di bandara dan bea cukai oleh imigrasi, dll.


    Layanan pendaftaran dokumen:
    Untuk beberapa Negara, kami dapat menawarkan untuk mendaftarkan dokumen baru Anda di database pemerintah setelah dokumen tersebut diproduksi. Bahkan itu akan menjadi dokumen resmi yang dikeluarkan dan Anda dapat menggunakannya seperti yang asli. Tetapi harga untuk dokumen yang terdaftar akan lebih tinggi daripada untuk dokumen biasa yang diproduksi.


    Layanan Afiksasi Visa/Prangko:
    Kami menyediakan kemungkinan untuk membubuhkan hampir semua jenis prangko/VISA ke dalam paspor untuk mengisi Anda lebih percaya diri. Kami tidak menyediakan layanan semacam ini secara terpisah dari pembuatan paspor.


    Sertifikat IELTS:
    Kami menawarkan sertifikat tes bahasa Inggris kualitatif tinggi tanpa ujian. Sertifikat akan asli dan terdaftar di database resmi. Semua sertifikat yang kami terbitkan memiliki tingkat skor band yang Anda pilih (6.5-9.0). IELTS diterima oleh lebih dari 10.000 organisasi di lebih dari 145 negara.
    Ini termasuk:
    Universitas, Sekolah, Sekolah Tinggi Pelatihan dan Perguruan Tinggi
    Departemen dan lembaga pemerintah
    Badan profesional dan industri
    Perusahaan dan majikan.

    Kontak:
    ID Wickr:::::::::: Spidoplug
    Email:::::::::::::: firstclassdocuments20@gmail.com

    ReplyDelete