Thursday, August 26, 2021

Chief TKI Surabaya presentasi pola pendampingan di depan Camat dan kord. pelaku UKM Jambangan (21/01/21)

Jambangan  adalah nama satu dari 31 kecamatan yang ada di kota Surabaya. Posisinya berada di selatan kota, yang berbatasan langsung dengan kabupaten Sidoarjo. Wilayahnya tidak luas, namun warganya terkenal inovatif dan progresif.

Surabaya, Area Zona Hitam Covid 19 Nasional.

Dengan populasi lebih dari 40 ribu jiwa, Jambangan menyumbang 1% total penduduk yang menempati kota Surabaya. Sejak terdeteksi adanya warga di kawasan Utara kota pahlawan terpapar covid 19 pada 16 April 2020. Tepatnya semester kedua 2021, tiba-tiba pemerintah menetapkan Surabaya sebagai zona hitam. Alasannya jumlah warga terpapar mulai menembus puluhan ribu jiwa.

Kala pandemi marak berlangsung, pada 19 Juli 2020 terjadi suksesi pada komunitas pengguna layanan seluler smartfren (SF community) di ibukota Jawa Timur. Cak Boni dipilih melanjutkan kiprah leader sfcom sebelumnya, M. Rinaldi Purwanto. Bergerak cepat dua bulan kemudian B.N.P. Yudha nama panjang Boni, menginisiasi terbentuknya rumah kreatif pertama di kota Surabaya. Tahap awal program berfokus mendampingi UKM di lokal wilayahnya, yaitu kecamatan Jambangan.

Suksesor - Leader (kiri) dan eks Leader SFCom Surabaya.

Dalam proses perjalanannya rumah kreatif bermetamorfosis menjadi teman kreasi Indonesia (TKI). Kala di kota/kabupaten lain berfokus menjual produk untuk memberdayakan diri serta masyarakat sekitarnya. "Dolen Smarthome" nama TKI Surabaya, mengambil pilihan bisnis yang berbeda yaitu jasa digital marketing. Dengan fokus tiga aktifitas, rebranding - repackaging -  marketing (dengan konsep bantu jual produk UKM tetangga).

Oksigen terbarukan bagi sesak nafasnya pelaku UKM Jambangan.

Sejak berdirinya hampir setahun lalu, tepatnya 19 September 2020. Dolen Smarthome berhasil melaksanakan 4 webinar "promosi layanan jasa redesign & repackaging" untuk segmen pelaku bisnis online di Surabaya secara umum, dan wilayah Jambangan pada khususnya. Alhamdulillah mendapat respon positif dari pasar. Kami dapat omzet perdana. Didanai satu kampus negeri di Surabaya. Proyeknya berbentuk mendesain ulang brand & kemasan produk 20 UKM start up pada tahun 2020.

T-shirt khas menjadi identitas TKI Surabaya di masyarakat.

Bagai bara api tersiram bensin, semangat pemberdayaan masyarakat lokal yang sudah kami inisiasi makin menyala. Margin keuntungan proyek perdana jadi kontribusi ri'il pemberdayaan pelaku UKM lokal Jambangan. Dengan percaya diri mengeluarkan kas kami untuk promosi dan bantu jual produk UKM binaan. Dari 500 data pebisnis mikro yang bisa kami himpun, dari bekerjasama dengan seksi perekonomian kecamatan Jambangan. Dimulailah aksi pilah dan pilih. 

Langkah prioritas dari kami adalah membantu promosi UKM kategori kuliner yang melakukan aktivitas penjualannya di Sentra Wisata Kuliner (SWK) kelurahan Jambangan maupun kelurahan Karah. Beberapa even pertemuan warga & pelatihan kami dorong dengan pengadaan konsumsi dari UKM kuliner di SWK. Berlanjut dengan membuatkan konten video promo, foto dan bantu sebarluaskan produk UKM kuliner via medsos dan WhatsApp group komunitas/pokmas.

Bunda Tri - admin IG @pesona_suroboyo salah satu mentor branding pelaku UKM Jambangan.

Belum redup semangat dan energi para punggawa "Dolen Smarthome" TKI kota Surabaya. Datang bantuan beruntun dari Pembina Teman Kreasi Indonesia, berupa sebuah laptop untuk memaksimalkan aktifitas harian kami.  Menyusul kemudian "asupan sehat lanjutan" bagi kami dari Smartfren  berupa koneksi internet 4G LTE Advance, lho. Sangat bersemangat kami jadinya untuk lebih memberdayakan masyarakat sekita kami. 

Koneksi internet 4G LTE ini tentu dapat menunjang berbagai kegiatan Teman Kreasi Indonesia khususnya untuk pewirausaha online. Hingga saat ini, Smartfren melalui TKI,  telah melaksanakan beberapa kegiatan yang membantu keberlangsungan lebih dari 500 UMKM di berbagai wilayah Indonesia. Program ini juga membuka peluang digitalisasi bagi pelaku UMKM sehingga dapat memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat sekitar TKI berada.


TKI's Project from "Black Zone Covid 19" to Hero.

Djoko Tata Ibrahim - Deputy CEO Smartfren bersama penghargaan dari IDX CAII 2021.

Tanggal 20 Agustus 2021 di Jakarta, gerakan sosial “Teman Kreasi Indonesia” hasil prakarsa Smartfren berhasil dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik, meraih Penghargaan Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021. Sebelumnya, pada tahun 2020 Smartfren juga mendapatkan penghargaan atas inovasi dalam pelaksanaan program corporate social responsibility, melalui Smartfren Community. Kedua penghargaan ini mengukuhkan posisi Smartfren sebagai operator telekomunikasi terbaik dalam memberikan dampak sosial berkelanjutan di masyarakat.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan, “Smartfren mengucapkan terima kasih atas penghargaan Penghargaan dalam Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development yang diberikan untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia (TKI).


Penghargaan selama dua tahun berturut-turut ini, menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus menjadi teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia.” TKI adalah wadah yang didirikan Smartfren untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya bisnis UMKM pada sektor ekonomi kreatif dan digital. Saat ini 32 TKI tersebar di 30 kota, dikelola oleh chief pemilik usaha pribadi.  Mereka menjalankan misi untuk menjadi wadah pembinaan bagi UMKM lain di sekitar homebase-nya.

Chief TKI "Dolen Smarthome" kota Surabaya, promo produk UKM bersama Sandiaga Uno.

Mendukung program Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, "Dolen Smarthome" akan konsisten dalam pendampingannya kepada pelaku UKM Surabaya, khususnya di wilayah Jambangan. Dalam sebuah kunjungan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya, Eri Cahyadi dan Armuji memberikan dukungan moral kepada kami. Pesannya : "Ayo Kembangno Bisnis UKM Suroboyo lewat dodolan online! Wis wayahe semua unsur warga melok gotong-royong mbangun kota'ne beriringan harmonis karo jajaran Pemkot." (BNP Yudha)

Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 comments:

Post a Comment