Monday, September 16, 2019

SekDisDag Surabaya bersama Camat Jambangan ($R1.cam)
Jambangan Hijau - Tercatat hampir  seribu warga Jambangan tumplek-blek di sentra PKL Jambangan untuk menghadiri pelaksanaan even pahlawan ekonomi (PE) kecamatan Jambangan tahun 2019. Acara diawali dengan jalan sehat yang diberangkatkan langsung oleh Camat Jambangan. Wanita ayu yang bernama lengkap Annita Hapsari Oktorina Sesoria, S.STP. didampingi ketua panitia Imam Rochani, SH. Juga hadir Forpimda kecamatan dari Polsek Jambangan serta Koramil Gayungan. Titik Dwi Rahayu atau yang lebih dikenal dengan Bu Edy Jambangan, kordinator acara panitia pelaksana gelaran Pahlawan Ekonomi tahun 2019 kecamatan Jambangan. Dikatakan oleh Bu Edy bahwa panitia menyiapkan kupon jalan sehat  sebanyak lima ribu lembar.

Salah satu fungsi giat jalan sehat adalah untuk untuk menghadirkan massa dari masyarakat sekitar Sentra PKL Jambangan dan meramaikan stan Bazar. Harapannya setelah masyarakat banyak yang hadir, maka stan-stan bazar pelaku UKM akan diserbu warga yang ingin belanja. Awalnya even pahlawan ekonomi tahun 2019 di Jambangan akan dilangsungkan pada hari Ahad (22/9/19). Kemudian warga berkeinginan dimajukan seminggu lebih awal (15/9). Karena adanya usulan dari beberapa panitia terkait efisiensi pekerjanya. Akhirnya diputuskan  Bazar UKM bertajuk pahlawan ekonomi di Sentra PKL Jambangan, maju tujuh hari dan masih masuk tanggal muda.

Menurut pengamatan kami di lapangan, PE tahun ini mengakomodir 76 pelapak. Data lengkapnya adalah sebagai berikut, sejumlah 66 pelaku UKM ber-KTP Jambangan. Terdiri dari pebisnis UKM dari kelurahan Karah, Jambangan, Kebonsari dan Pagesangan. Dan 10 lapak milik Pejuang Muda dari tingkat kota maupun sponsor.  Acara berlangsung sekitar 6 jam sejak 06.00 sampai 12.00. Sementara acara seremoni dimulai pada pukul 09.09, PE diresmikan pembukannya oleh Ir. Ach. Sugeng Wibowo, MM. selaku Sekretaris Dinas Perdagangan mewakili Pemerintah Kota Surabaya. Dilanjutkan dengan lomba yel-yel dari peserta yang bertugas mewakili empat kelurahan yang ada. Terpilih tiga tim yel-yel dari Pagesangan, Kebonsari dan Jambangan yang berhak mewakili tim kecamatan Jambangan maju ke tingkat kota Surabaya. 

Sejalan dengan harapan Walikota Surabaya, Tri Risma Harini bahwa gelaran PE yang sudah berjalan sembilan tahun sejak dikenalkan pertama kali pada 2010 oleh pemerintah kota Surabaya. Semoga target akan meningkatnya taraf hidup masyarakat setelah dilatih lebih lanjut lewat PE, bisa terengkuh. Roadshow PE di tingkat kecamatan Jambangan hanya pintu awalnya. Program lanjutan dari Pemkot Surabaya terpusat di Kapas Krampung Plaza, yang masuk wilayah Tambaksari tetap wajib diikuti oleh para pelaku UKM untuk "naik kelas".  Insha Allah acara ini bermanfaat bagi para pelaku UKM di wilayah Jambangan, tandas Camat yang tahun ini mulai memasuki usia 38 tahun. Kemudian di-Amin'i ketua panitia pelaksana PE Jambangan yang juga ketua LPMK Karah yang duduk disebelahnya, mengakhiri wawancara kami. (BnPY) 

0 comments:

Post a Comment