Monday, July 22, 2019

Peserta Lomba Estafet Bola Pingpong (ist)
Jambangan hijau - Suasana riuh rendah terjadi di areal lapangan futsal jalan Asem Raya, Barat Puskesmas Asemrowo. Ada ratusan anak dan remaja tumplek-blek mengikuti dua macam pertandingan. Pertama pertandingan membawa bola pingpong estafet. Dari garis awal bola pingpong dibawa ke garis akhir. Dengan menggunakan media pipa paralon yang berbentuk U (setengah potongan, dari bentuk aslinya yang bulat). Pertandingan lainnya adalah balap bakiak. Dikenal juga dengan sebutan Klompen raksasa atau terumpah panjang. Beruntung saya sebagai pegiat KIM Jambangan Hijau diundang khusus dan bisa melihat dari dekat keramaian acara ini kemarin (21/7/19)

Pada rangkaian peringatan hari anak nasional (HAN) 2019 yang di-inisiasi oleh Forum Anak Asemrowo dengan Pemerintah Kecamatan Asemrowo, berlangsung meriah. Tepat pukul 08.00 apel peserta sekaligus pembukaan acara dipimpin langsung oleh Camat Asemrowo Drs. Bambang Udi Ukoro, SH, M.Si. Camat dengan slogannya Asemrowo ASIK (merupakan akronim dari kata Andalan, Santun, inovatif dan Kreatif), terlihat sumringah mengetahui generasi mudanya beraktifitas dengan aktif dan positif. Asemrowo adalah kecamatan di utara kota Surabaya. Luasnya mencapai kurang lebih 15,44 ha dengan populasi penduduk 48.188 jiwa (2017). Memiliki tiga kelurahan, yaitu kelurahan Asemrowo, Genting Kalianak dan Tambaksarioso. Dua kelurahan yang kami sebutkan terakhir adalah gabungan dua kelurahan lainnya untuk efisiensi dan efektifitas kinerja Pemerintah Kota Surabaya. Pertama kelurahan genting + kalianak menjadi Genting Kalianak. Berikutnya adalah kelurahan Tambaklangun + Greges yang berganti nama menjadi Tambaksarioso.

Adik Ayu selaku ketua panitia rangkaian Hari Anak Nasional tahun 2019 kecamatan Asemrowo, bahagia acara yang dilaksanakannya bersama generasi muda di wilayahnya  berlangsung sukses dan meriah. Ada sekitar 18 RW se-kecamatan yang terlibat. Tiap Ketua RW kami minta menghadirkan 2 kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 anak berusia 10 s/d 18 tahun, terangnya. Gadis 17 tahun bernama lengkap Ayu Dwi Nur Anggraini, merupakan Ketua Forum Anak kecamatan Asemrowo yang sudah bertugas selama dua tahun, sejak 2018. Sehari-hari dia menempuh pendidikan di SMK Muhammadiyah 1. Terdaftar sebagai murid kelas XI jurusan multimedia. Sekolahnya beralamat di Jl. Kapasan No.73-75,  Simokerto - Surabaya. Setelah berlangsung hampir tiga jam lamanya, acara asik ini berakhir pada pukul 11.11. Juri lomba terdiri dari  Nurhayati (Penyuluh KB Asemrowo) Rismawati  (FORMI Asemrowo) serta Rudi (Kec. Asemrowo) untuk untuk lomba Bakiak. Sementara juri lomba estafet  bola  pingpong melibatkan Lila (PSM) dan Musni (FORMI Asemrowo).

Kata Ayu tujuan acara ini yang pertama untuk menyambut hari anak nasional tanggal 23 Juli besok. Tujuan kedua yaitu untuk memperkenalkan organisasi Forum Anak Kecamatan  ke masyarakat Asemrowo khususnya, maupun Surabaya pada umumnya. Harapannya yang paling besar adalah, pasca terlaksananya acara ini, anak anak di wilayah kecamatan Asemrowo bisa semakin baik hubungan pertemanannya, bisa semakin solid satu dengan lainnya. Tak kalah penting semoga  Forum Anak kecamatan Asemrowo bisa terus berkembang dan selalu mendapat dukungan dari masyarakat luas. Dari Rangkaian acara  umum, kemarin secara alami kami melihat bagaimana peran Camat Bambang Udi Ukoro yang berhasil mengajak warganya untuk menjadi ASIK, sesuai slogan Kecamatan Asemrowo. Menariknya bukan dimulai dari masyarakat  dewasa-nya, tapi menjadi ASIK sejak dini (baca, usia anak dan remaja). Sukses terus Pak Camat dan Forum Anak Kecamatan Asemrowo! (Mahfud/B.n.P.Y)

0 comments:

Post a Comment