Sunday, April 21, 2019

AJAIB - Proses kreatif bisa terjadi dimana saja & kapanpun.

Jambangan HIjau - Menulis blog itu susah-susah gampang!? Mengapa demikian? Susah manakala ide awal yang akan dituangkan kedalam karya kita, belum ditemukan. Gampang, saat ide itu sudah terpampang jelas di benak kita. Diawali menentukan topik, dilanjutkan dengan mengumpulkan bahan tulisan. Proses menyusun kerangka tulisan, harus sudah tersedia sebelum karangan kita tuangkan dalam bentuk tulisan. Ada bahan yang bersumber dari e-book, karangan penulis lain, artikel populer maupun peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Saat bahan tulisan sudah menari-nari di kepala, maka sepuluh jari kita tinggal mengikuti ritmenya. Dan tuts telepon pintar atau kibord laptop akan berubah menjadi panggung aktualisasi diri karya tulis kita. Ada kalanya karangan yang kita tulis merupakan kejadian yang membahagiakan. Sebaliknya bisa jadi tulisan kita merupakan pesan sedih atau kesusahan seseorang, yang harus disampaikan agar narasumber kita mendapatkan bantuan orang lain.

Saya menjadi pegiat KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Kota Surabaya sejak akhir tahun 2011, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 2011. Waktu itu masih tergabung sebagai anggota KIM Karah, karena saya tinggal di wilayah kelurahan paling timur dari Kecamatan Jambangan. Jambangan memiliki empat kelurahan, Di sisi timur ada kelurahan Karah, tempat saya tinggal. Kemudian Jambangan sendiri, kelurahan Kebonsari dan kelurahan Pagesangan, yang masuk di wilayah paling barat dari kecamatan Jambangan. Dan berbatasan langsung dengan desa Simowau kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo. Atas inisiatif Camat Nono, kami kemudian diarahkan untuk membentuk KIM di level kecamatan.  Dalam rangka mendukung tugas Diskominfo kota Surabaya kala itu , untuk membentuk 31 KIM di wilayah kecamatan (kelak kami beri nama Forum KIM Kecamatan). Tepat pada tanggal  14 Februari 2012 KIM Jambangan Hijau, demikian nama kumpulan agen informasi kecamatan kami terbentuk. Awalnya website kami menggunakan fasilitas gratis dari google via link dari wwwbloger.com, dengan nama www.kimjambanganhijau.blogspot.co.id. Karena suatu hal teknis blog kami berpindah alamat, berganti nama menjadi www.newjambanganhijau.blogspot.co.id. Setelahnya satu demi satu artikel saya tulis dan publikasikan via blog. Awalnya bahan tulisan adalah konten lokal wilayah kami. Berita pembangunan, pesan dari pemerintah serta layanan yang dibutuhkan masyarakat,. Berlanjut ke berbagai reportase kejadian menarik di empat kelurahan. Sampai dengan berbagai prestasi yang telah diraih oleh warga maupun pemerintah kelurahan  /kecamatan setempat. Meski dimulai  dari level kecamatan, kian hari kami terus bertumbuh. Hingga akhirnya blog kami mendunia. Mengapa? Hal itu  disebabkan adanya kunjungan tamu dari berbagai belahan dunia ke desa kami, yang bertajuk kampung wisata Jambangan. 


BERKAH RAMADHAN 2018 - Mendapatkan penghargaan Pemkot Surabaya
KIM yang dulu masih bernama KELOMPENCAPIR (Kelompencapir, yang merupakan singkatan dari Kelompok Pendengar, Pembaca, dan Pemirsa, adalah kegiatan pertemuan untuk petani dan nelayan di Indonesia yang dicetuskan pada masa pemerintahan Presiden Suharto/Orde Baru. Kegiatan ini mengikutkan petani-petani berprestasi dari berbagai daerah). Berlahan namun pasti, transformasi dari Kelompencapir menjadi KIM mulai diterima oleh publik. Saat masyarakat dunia mulai tergantung dengan internet. Saat itu pula file digital yang tersimpan di cloud server (komputasi awan), menjadi kebutuhan dasar berbagai institusi pemerintah, hingga kelompok maupun pribadi-pribadi di masyarakat dunia yang membutuhkan data dengan cepat dan akurat. Dalam perkembangannya KIM kemudian terbentuk di 154 kelurahan yang ada di kota Surabaya. Dan KIM Kecamatan kemudian bermetamorfosis menjadi Forum KIM Kecamatan, yang salah satu tugasnya menjadi forum/ajang komunikasi antar pegiat KIM yang ada di kelurahan dalam wilayah kecamatan terkait. Dalam proses menjadi pegiat KIM, pada tanggal 13 April 2013 tanpa menyadari akan efek dari penulisan artikel yang saya tulis. Muncullah artikel tentang profil kecamatan Jambangan. Tulisan dari tempat KIM kami berkegiatan menyampaikan potensi lokal wilayah kepada masyarakat dibelahan dunia manapun. Berisikan tentang kondisi wilayah, mulai luasan areal, jumlah penduduk dan berbagai potensi lokal yang ada di Jambangan. Profil wilayah yang kami susun dan rangkai secara lengkap serta mudah dipahami. Artikel dengan judul PROFIL KECAMATAN JAMBANGAN, tiba-tiba menjadi viral dan dibaca lebih dari 13601 kali, sampai hari dan saat artikel ini kami buat. (BnPY) 

Link yang viral itu : (klik link di bawah ini)

0 comments:

Post a Comment