Wednesday, October 17, 2018

Camat Jambangan, Anna Fajriatin bicara Proklim di Jakarta (ist)
Jambangan Hijau - Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Cipta Karya (PUCK), Direktorat Jenderal Cipta Karya - Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Pemukiman. Dengan suratnya bernomor : UM.0206-CP/203.3, tentang permohonan narasumber workshop Kementerian PUCK kepada Walikota Surabaya, bertanggal 10 Oktober 2018. Dalam rangka penyusunan kebijakan pengelolaan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim berbasis telaah ilmiah dan kearifan lokal. Karena tugas di pemerintahan kota yang tidak bisa ditinggalkan, Walikota kemudian menugaskan Camat Jambangan untuk mewakili undangan diatas.

Bertempat di ruang rapat Yudhistira Gedung Cipta Karya lantai 4, jalan Pattimura no. 20, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan. Selasa (16/10/18), Anna Fajriatin menyampaikan kearifan lokal wilayah Jambangan - Kota Surabaya sebagai bahan adaptif program kampung iklim, dengan berfokus kepada tugas pokok dan fungsi Kementerian PUCK. Jambangan sebagai kampung yang memiliki budaya memilah sampah organik dan anorganik di lingkungan warganya sejak tahun 1995, sudah dikenal luas. Tidak hanya di lokal Kota Surabaya, publik nasional bahkan secara Internasional mengakui torehan warga kampung Jambangan.

Hal inilah yang mendorong Pemerintah Pusat mengundang Walikota Perempuan pertama Surabaya ke kantor mereka. Bersama Anna, yang hadir merepresentasikan Pemerintah Kota Surabaya. Juga diundang Akademisi dari Universitas Brawijaya Malang sebagai ahli di bidang Manejemen resiko iklim, mitigasi & perubahan iklim. Pejabat tingkat Propinsi yang hadir  adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Propinsi Nangroe Aceh Darussalam dan koleganya, Kepala Dinas PU Cipta Karya & Tata Ruang Propinsi Jawa Timur.

Anna dalam presentasinya menjelaskan peran serta warganya terkait aplikasi Proklim yang sudah menjadi budaya keseharian. Aksi menanam pohon produktif dan menjaga kelangsungan hidupnya. Ajakan sederhana, mencabut paku ato banner di pohon-pohon yang tumbuh di areal kampung Jambangan tergambar di penjelasan Anna. Presentasi lainnya juga terkait fungsi adaptasi rumah panggung, dengan meninggikan rumah dalam menghindarkan dari banjir serta membuang sampah pada tempatnya ditambah dengan budaya memilah sampah dengan konsep 3R, adanya bank sampah, budaya kerja bhakti dan menginisiasi kampung unggulan. Termasuk memanfaatkan lahan terbatas dengan pola tanam hidroponik. (BNpY)

3 comments:

  1. Sip Bu, Maju teroz, Bismillah...

    ReplyDelete
  2. RAJASAHABAT AGEN DOMINO QQ AGEN DOMINO 99 DAN POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA

    Situs Judi Online Terbesar dan Terkenal di Indonesia ^^
    Keamanan akun yang terjamin , dan CS yang memiliki kualitas tinggi dan respon cepat siap melayani anda ^^

    Game yang dimiliki sebanyak 8 Jenis game yang berbeda dan sangat di minati oleh banyak orang :

    Proses deposit & Penarikan dana tercepat, kemenangan di bayar 100% ^^
    Wesbite SahabatQQ memiliki keunggulan yang paling terbaik :

    * Deposit dan withdraw ( Tidak terbatas ) 24 jam Non Stop
    * Deposit Minimal = 20.000,- ( Maximal = Tidak di batasi )
    * Withdraw Minimal = 20.000,- ( Maximal = Tidak di batasi )
    * Proses Deposit / Withdraw TERCEPAT
    * Sistem Keamanan akun yang terjamin
    * Permainan AduQ Online yang terpercaya
    * Pelayanan Live chat 24 JAM ( Responsive )
    * Support 8 Bank Lokal :

    Promo situs yang berlaku :

    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat

    Link alternatif =

    - rajasahabat,com
    - rajasahabat,net
    - rajasahabat,org
    - rajasahabat,info

    ---------------------***---------------------

    Contact Us

    * WA : +855-964596550
    * Pin BB : 2AE48042
    * Pin BB : 2BD6A2E3
    * LINE : SAHABATQQ
    * WECHAT : SAHABATQQ
    * Fanspage FB : Sahabat QQ
    * TWITTER : @SahabatQQ
    * YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com

    ReplyDelete