Friday, September 14, 2018

Jambangan Hijau -  Sudah lama masyarakat mengenal kecamatan Jambangan sebagai kawasan sadar lingkungan. Memilah sampah organik dan anorganik. Adanya ikon Daur Ulang Surabaya dibuktikan dengan keberadaan Pusat Daur Ulang (PUDAR) Jambangan yang dibangun dengan APBN. Yang berhasil menjadi produsen pupuk organik bagi kawasan sekitarnya. PUDAR kemudian didorong sebagai fasilitas untuk belajar tentang daur ulang sampah, baik yang organik maupun yang anorganik, macam plastik, kertas,  dll. Kini bertambah lagi julukan bagi Jambangan, yaitu kampung "oltrad" Egrang - Surabaya.

Berawal dari dukungan tokoh olahraga tradisonal (oltrad) kota Surabaya, HM Sunar, ST menginisiasi terbentuknya Kortraj. Klub Olahraga Tradisional Jambangan. Saat ini klub oltrad dikomandani oleh Slamet Pendhem. Bermarkas di jalan Jambangan VII-B, Slamet yang biasa dipanggil Pakdhe, mengumpulkan anak-anak sekitar rumahnya. Para bocah belia, baik yang perempuan dan laki-laki inilah yang kemudian dilatih berjalan diatas dua glondongan bambu yang ada alas kaki dibagian bawahnya. Alat Bantu jalan ini lebih dikenal dengan nama Egrang. Setiap sore mereka latihan. Saat ada kompetisi tingkat kota, atlit Egrang dilibatkan. Sehingga tiada sia-sialah latihan mereka setiap sore.

Lebih lanjut menurut Sunar, yang juga Sekretaris Umum Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), kota Surabaya. Kota ini boleh maju dan modern tegasnya. Namun wajib dijaga agar masyarakat tidak melupakan akar budaya serta kearifan lokalnya. Saat ada even Surabaya Sport for All (nama kompetisi oltrad) pada tahun 2016 dimana lapangan Jambangan menjadi venue-nya. Sunar dan panitia lokal mendatangkan raja Egrang dari Yogyakarta. Julukan Yudi Kartono (54). Yudi pernah berhasil jalan diatas Egrang dari Malioboro Yogyakarta ke Taman Surya Surabaya. Sekedar untuk menemui Walikota Surabaya, Tri Risma Harini (8/9/2016). Kembali ke Kortraj karena berbagai prestasi atlit oltrad Jambangan merajai berbagai kompetisi Egrang, Melekat eratlah nama Jambangan sebagai Kampong oltrad Egrang - Surabaya. (BNPY)


0 comments:

Post a Comment