Sunday, December 3, 2017

Jambangan Hijau - wajah Cholifah wanita kelahiran 3 Fébruari 1952 terlihat pucat. Yang  tertinggal dari wanita tua ini hanya tulang dan kulit saja. Menyedihkan..

Tri Risma Harini, Walikota Perempuan Surabaya pertama ini menyerukan bahwa seluruh warga ber-KTP Surabaya tidak mampu akan mendapatkan Jaminan Kesehatan Nasional, bentuknya  adalah Kartu Indonesia Sehat kategori Penerima Bantuan Iuran (ditanggung Pemkot Surabaya)

Mengapa  warga Krembangan ini sampai menderita Gizi Buruk dan tidak terdeteksi? Jawabnya : Klien dari Eko Purwanto si Pegiat Kelompok Informasi Masyarakat yang juga Kader BPJS Kacamatan Asemrowo Surabaya, tidak memperbaharui data kependudukan nya.

Meski terdata sebagai warga RT 28/RW 06 Kelurahan Morokrembangan, Kecamatan Krembangan. Cholifah selama ini tinggal di jalan Genting ll/20, masuk wilayah Kelurahan Genting Kalianak Kecamatan Asemrowo. Tepatnya di rumah besannya. Orang tua dari suami anak perempuannya.

Eko malam tadi (2/12/2017) seperti biasa menjalankan tugasnya sebagai Kader BPJS untuk mengingatkan warga yang menunggak iuran BPJS. Saat masuk ke rumah di Jalan Genting ll/20, dia terhenyak oleh pemandangan mengenaskan Cholifah yang kering kerontang tubuhnya tinggal berbalut tulang dan kulit saja.

Keesokan harinya Eko meminta Bobbin Nila Prasanta Yudha, Ketua Forum KIM Kota Surabaya yang juga kawan sesama Kader BPJS. Langkah cepat segera diambil keduanya. Mulai mengabari RT/RW tempat tinggal maupun sesuai alamat KTP. Menghubungi Lurah Morokrembangan  dan dokter puskesmas Krembangan. Tak lupa menelpon Ambulan Gratis Dinsos Kota Surabaya di nomer operator 0822 2220 9347.

Satu jam kemudian Ambulan Dinsos datang, pasien diangkut dan segera dilarikan ke RSUD dr. HM. Soewandhi Kota Surabaya. Semoga diberikan kesehatan kembali kepada Ibu 65 tahun ini. Amiin.. Kesigapan seorang pegiat KIM Surabaya berhasil menyelamatkan satu nyawa. Semoga Berkah..Amiin..(Boni)

0 comments:

Post a Comment